Sukses

Parenting

5 Alasan Wanita Hamil Mudah Menangis

Ketika sedang hamil, wanita jadi cenderung sensitif. Seringkali tersentuh dan mudah menangis karena tersinggung atau sedih. Tidak semua akan melewati fase ini, sebagian orang yang bisa mengontrol emosinya dengan baik akan merasa baik-baik saja.

Namun jangan heran kalau bumil dengan anak pertamanya menjadi cengeng dan manja, karena ternyata semua itu ada alasannya.

Dilansir BoldSky.com, inilah beberapa penyebab wanita mudah menangis saat hamil.

Terlalu lelah

Saat sedang hamil umumnya wanita tak bisa tidur nyenyak dan resah, alhasil sepanjang hari ia akan merasa lelah. Rasa lelah yang dialami di trimester pertama ini cenderung sangat mengganggu dan bisa menyebabkan emosional tinggi serta sensitif.

Ketidaknyamanan secara fisik

Hal-hal fisik yang mengganggu seperti mual, sakit punggung dan sakit kepala akan sering dialami wanita hamil. Dan lelah dengan ketidaknyamanan tersebut juga bisa membuat wanita hamil sangat cengeng.

Hormon

Bagaimanapun memang perlu diakui bahwa hormon kerap mempengaruhi berbagai hal di dalam tubuh. Pada saat hamil, hormon di tubuh wanita lebih banyak mempengaruhi sisi sendu, sehingga Anda jadi sulit mengontrol kesedihan.

Terlalu khawatir

Fase kekhawatiran berlebih juga dialami oleh bumil. Entah itu khawatir akan berat badan yang terus bertambah, khawatir terhadap penampilannya, khawatir akan bayi di dalam kandungannya, dan berbagai hal yang akhirnya membuat air mata menetes.

Rasa Takut

Saat Anda hamil, rasa takut tanpa penyebab yang jelas kerap muncul. Rasa takut ini bisa sangat dipengaruhi juga oleh hormon dan juga lingkungan. Dan bila tiba-tiba di malam hari Anda menangis tanpa penyebab, hal ini bisa jadi sebagai alasan utamanya.

Orang bilang bahwa cengeng adalah bawaan bayi memang bukanlah hal yang salah, namun apabila Anda ingin mengontrolnya, hal itu juga bisa dilakukan kok. Lakukan meditasi dan fokuskan pada pernafasan, pilih menu makanan sehat dan berolahraga ringan sehingga Anda bisa lebih mengontrol emosi dan metabolisme tubuh.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading