Sukses

Parenting

Apa Saja Yang Dilihat Saat USG Kehamilan?

Ladies mungkin bertanya-tanya apa saja yang akan sonografer lihat saat Ladies melakukan USG kehamilan. Jawabnya adalah banyak hal yang dilihat oleh sonografer saat melakukan USG. Yang jelas bagaimana keadaan si buah hati adalah focus utama.

Seperti yang dilangsir dari laman babycenter.ca, saat USG kehamilan di trimester kedua sonografer akan melihat organ-organ si buah hati dan juga akan mengukurnya.

Pertama sonografer akan melihat bentuk dan mengukur seberapa besar ukuran kepala bayi yang ada dalam kandungan. Pada tahapan ini biasanya sonografer juga akan mendeteksi jika ada kelainan pada otak, namun hal ini sangat jarang sekali terjadi. Semoga ini juga tidak terjadi ya pada malaikat kecil Ladies.

Selanjutnya sonografer juga akan melihat bentuk dari wajah bayi, hal ini dilakukan untuk pengecekkan jika terjadi keretakan pada daerah wajah, misalnya saja bibir sumbing. Jika keretakan terjadi pada daerah langit-langit mulut, ini akan sangat susah terdeteksi.

Setelah bagian wajah, adalah bagian tulang belakang. Sonografer akan mengukur panjangnya dan melihat apakah susunan tulang belakang ini sudah benar dan juga sudah tertutupi oleh kulit.

Pengecekan jantung juga akan dilakukan, ini meliputi detak jantungnya dan bagian-bagiannya. Kedua bagian pada hati ini harus memiliki ukuran yang sama. Selain itu, juga memastikan bahwa katub hati bergerak saat hati berdetak.

Organ lain yang tak kalah penting adalah ginjal. Sonografer akan melihat bahwa ginjal si buah hati bekerja normal, sehingga bayi dapat menghasilkan urin di kantung kemihnya.

Wah, ternyata banyak juga ya yang bisa Ladies lihat dan ketahui di USG ini, banyak sekali perkembangan si buah hati yang tak boleh terabaikan.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading