Sukses

Parenting

Bagaimana USG Kehamilan Bekerja?

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar tentang USG kehamilan. Bahkan Anda suda tahu apa fungsi dan manfaat dari melakukan USG selama proses kehamilan. Namun, tahukah Anda cara kerja dari USG? Bagaimana ibu hamil akan diperlakukan selama proses pemeriksaan melalui USG?

Menurut laman sogc.org, sebelum Anda pergi ke dokter atau rumah sakit untuk melakukan USG, pastinya Anda akan diberitahu terlebih dahulu apa yang perlu dipersiapkan. Terkadang, ibu hamil diminta untuk tidak buang air kecil sebelum melakukan USG. Hal ini membantu gelombang suara berjalan lebih lancar melalui kulit.

Sesampainya Anda di ruangan, Anda akan diminta untuk mengganti baju dengan baju yang disiapkan oleh dokter atau rumah sakit. Anda akan diminta berbaring di atas tempat tidur pemeriksaan dan orang khusus akan mengoleskan gel di atas kulit perut Anda. Gel tersebut berfungsi untuk mempermudah jalannya alat pendeteksi pada kulit Anda dan membantu gelombang suara berpindah ke tubuh Anda.

Dalam proses pemeriksaan, Anda mungkin akan merasa sedikit tekanan pada perut, namun tidak berasa sakit. Pemeriksaan biasanya dilakukan selama 30 menit. Jika banyak hal yang harus diperiksa, maka akan memakan waktu lebih lama.

Kadang-kadang, USG dilakukan melewati vagina. Alat pendeteksi khusus diletakkan di vagina. Namun tenang saja, hampir semua ibu hamil tidak merasakan sakit dalam menjalani pemeriksaan USG ini.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading