Sukses

Parenting

Kapan Waktu Berhubungan Intim Agar Lekas Hamil?

Sebagian besar keluarga merasa kurang lengkap tanpa adanya kehadiran bayi. Dan bagi sebagian wanita, keluhan soal kesuburan ini kerap mewarnai problem kehamilan.

Bagi Anda yang merindukan kehadiran bayi dalam keluarga, melakukan hubungan seksual membabi buta tidak akan memberi jaminan Anda lekas hamil. Kuncinya adalah membaca tanda-tanda di tubuh Anda.

Dilansir Boldsky.com, ada beberapa waktu tepat untuk berhubungan intim dan yang memperbesar potensi kehamilan.

Ketahui masa subur Anda

Jika Anda tidak terbiasa mencatat kapan waktu menstruasi, dan kapan menstruasi terakhir maka mulailah terbiasa melakukan pencatatan. Pencatatan ini dimaksudkan untuk mengetahui masa subur Anda. Jika dihitung dari tanggal pertama menstruasi, maka di hari ke-10 hingga seminggu kemudian adalah masa subur Anda.

Sel telur dilepaskan pada hari ke-14 (dihitung dari hari pertama menstruasi), di mana sel telur dapat bertahan 12 - 24 jam. Sedangkan sperma bisa bertahan 6-7 hari. Berhubungan seks di antara tanggal masa subur akan memperbesar potensi kehamilan Anda.

Suhu basal

Suhu basal adalah perubahan suhu udara yang dialami wanita dalam masa subur. Anda bisa mengamati perubahan suhu yang lebih meningkat dari biasanya saat Anda sedang subur. Nah, waktu inilah salah satu waktu terbaik melakukan hubungan intim.

Memeriksa lendir

Perhatikan lendir yang keluar dari tubuh Anda. Lendir ini dihasilkan dari sekresi rahim yang menunjukkan aktivitas kesuburan. Ketika lendir berwarna bening dan mulur, seperti putih telur, inilah waktu yang tepat melakukan hubungan intim dengan suami.

Memakai OPKs

OPKS atau juga disebut ovulation predictor kits adalah metode efisien mengetahui masa subur untuk merencanakan kehamilan. Bekerja dengan mengetes Luteinising Hormone pada urine.

Ultra sound scanning

Mengetahui masa subur juga bisa dicek lewat ultra sound scanning. Biasanya akan jauh lebih terlihat jelas di mana telur telah matang dan siap dibuahi. Metode ini cukup efektif, namun dibutuhkan kerileksan dan kesabaran demi mendapatkan sperma terbaik yang bisa membuahi sel telur.

Jadi, jangan berkecil hati apabila Anda sudah menikah selama bertahun-tahun namun belum hamil. Dengan beberapa info di atas, potensi kehamilan akan jauh lebih besar. 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading