Sukses

Parenting

7 Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Masa kehamilan tentunya menjadi masa penantian namun juga bikin deg-degan. Semua ibu hamil tentu berharap bahwa anaknya akan lahir dengan sehat dan selamat.

Untuk itu, selama masa kehamilan, rajinlah berkonsultasi dan kontrol kesehatan Anda, konsumsi makanan sehat dan hindari stres. Beberapa makanan yang disarankan untuk ibu hamil adalah sejenis brokoli dan kembang kol. Dilansir dari Boldsky, ada banyak khasiat yang terkandung dalam kembang kol dan mampu menunjang pertumbuhan si kecil.

Selain itu, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kembang kol sangat bermanfaat dalam masa kehamilan. Seperti yang akan dijabarkan berikut ini.

Penyerapan Zat Besi

Jangan khawatir mengenai kebutuhan akan zat besi dalam masa kehamilan Anda. Kembang kol bisa membantu Anda dalam penyerapan zat besi, mencegah bayi tumbuh dalam bobot yang terlalu rendah dan mengurangi resiko bayi lahir prematur.

Memberi Suplai Kalsium

Manfaat lain dari kembang kol di antaranya memberikan suplai kalsium pada bayi Anda. Hal ini bisa membantu dalam pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Selain itu, kebutuhan kalsium ibu juga akan tercukupi.

Niasin

Kembang kol mengandung niasin yang juga bagus untuk membentuk jaringan kulit, syaraf dan sistem pencernaan pada bayi. Mungkin belum terlalu banyak di antara Anda yang memahami fungsi niasin bagi pertumbuhan bayi, namun pastikan Anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Menyehatkan Jantung

Khasiat pertama bagi sang bunda adalah bahwa kembang kol memang sangat baik bagi kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler. Fungsinya adalah membantu jantung memompa darah ke area terus tanpa menimbulkan rasa sakit atau terbakar.

Membentuk Plasenta

Kembang kol adalah tanaman yang kaya akan folat sehingga bagus bagi kandungan. Folat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi plasenta yang memberikan nutrisi menyehatkan pada bayi yang belum lahir.

Perkembangan Sel dan Janin

Dalam masa kehamilan, kita membutuhkan banyak suplai vitamin A dan B. Nah, kembang kol bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin A dan B ini untuk perkembangan sel dan janin.

Kaya Akan Mineral

Beberapa zat yang terkandung dalam kembang kol antara lain vitamin C, vitamin K dan yang penting adalah mineral. Senyawa mineral yang banyak dibutuhkan tubuh dan terdapat dalam kembang kol adalah zinc, sodium dan fosfor. Inilah mengapa kembang kol sangat direkomendasikan selama masa kehamilan.

Penuhi kebutuhan si kecil yang masih ada dalam kandungan dengan konsumsi makanan bergizi dan seimbang. Jangan lupa rajin kontrol kesehatan Anda untuk mengurangi resiko masalah pada kehamilan.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading