Sukses

Parenting

Bahaya Minum Paracetamol Kalau Sedang Hamil

Jangan sembarangan minum obat saat sedang hamil. Demikian pesan yang seringkali Anda dengar dari banyak orang. Haruskah Anda mempercayai pesan tersebut?

Harus!

Untuk alasan yang satu ini, Anda harus mendengarkan apa kata pengalaman teman-teman bumil lainnya. Bahkan dokter juga akan membenarkan hal tersebut, karena saat sedang hamil tubuh Anda sangat rentan terhadap berbagai macam obat, dan reaksinya bisa saja tidak terduga.

Salah satunya ketika sedang flu, obat-obatan mengandung paracetamol, atau pereda rasa nyeri disarankan untuk dihindari selagi sedang hamil. Penelitian menunjukkan bahwa pengonsumsian obat yang mengandung paracetamol saat sedang hamil dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi dan menyebabkan behavioiral dysfunction.

Dilansir IndiaTimes, ilmuan yang telah melakukan penelitian terhadap 60 ribu bumil dan anak-anak ini melaporkan perubahan sikap anak yang menjadi lebih sulit diatur akibat konsumsi paracetamol saat ibunya sedang hamil.

Selain itu, kandungan acetaminophen pada obat-obatan juga baiknya dihindari. Acetaminophen sendiri dapat meningkatkan resiko HKD atau penyakit ADHD. Resikonya akan meningkat apabila si ibu mengonsumsi acetaminophen lebih dari satu semester kehamilan.

Jadi, bila ibu sedang sakit saat hamil, usahakan untuk selalu mengunjungi dokter dan minta petunjuknya dalam memilih dan mengonsumsi obat-obatan. Istirahat yang cukup, dan minum air putih sesuai porsi agar ibu lekas sembuh ya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading