Sukses

Parenting

Berapa Mg Zinc Yang Bunda Butuhkan?

Pada minggu ke- 36 ini, sudah tahukah Bunda berapa miligram kebutuhan zinc yang harus dipenuhi? Apa saja yang Bunda konsumsi selama ini untuk mencukupi kebutuhan zinc?

Menurut laman babycenter.com, Bunda diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan minimal zinc sekitar 11 mg perhari. Makanan yang merupakan sumber utama dari zinc antara lain adalah cereal dan daging.

Atau alternatif menu lain yang juga banyak mengandung zinc di antaranya adalah ikan kerang, daging sapi, daging unggas, kacang, gandum, dan produk dairy milk seperti susu, keju dan yoghurt. Menu yang terakhir disebut juga kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D ya Moms.

Nah, bagaimana cara memastikan ketercukupan asupan zinc dalam tubuh? Sederhana saja, pastikan Bunda menambahkan satu atau dua makanan di atas sebagai menu sehari-hari.

Contoh, jika Bunda sarapan pagi dengan cereal gandum, artinya Bunda sudah mengasup sekitar 15 mg zinc. Jika nanti membuat steak daging sebagai menu makan siang/malam, ini artinya Bunda telah mengonsumsi zinc setara dengan 6 mg. Atau, Bunda juga bisa membuat menu makan siang dari jamur. Sebab jamur juga merupakan makanan yang menghasilkan nutrisi zinc.

Yang perlu diingat, meskipun Bunda menyukai menu yang mengandung zinc, bukan berarti Bunda harus menyajikan makanan mengandung zinc dalam sekali makan ya. Karena menurut National Academy of Sciences, batas maksimal dari asupan zinc sebesar 40 mg saja, tidak lebih.

Oleh: Rannie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading