Sukses

Parenting

Vitamin D Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi si Kecil

Bunda, memasuki minggu ke-26 kehamilan Anda ini, tulang dan gigi sang buah hati mulai terbentuk. Maka dari itu, Bunda sangat amat perlu asupan ekstra vitamin D yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium.

Memang sih, Vitamin D dapat diperoleh secara alami dari cahaya matahari melalui kulit. Tapi, ini tidak berarti Bunda menghabiskan waktu ber-suntanning ria di halaman sepanjang pagi kan? Bisa-bisa terbengkalai urusan penting lainnya.

Nah, mengingat terbatasnya pajanan Bunda terhadap sinar matahari secara alami, kebutuhan vitamin D perlu dipenuhi dengan cara lain: melalui jalur menu asupan makanan yang bernutrisi.

Menurut situs babycentre.co.uk, kebutuhan wajib Bunda akan Vitamin D minimal adalah 10 micrograms tiap harinya. Vitamin D banyak ditemukan pada minyak ikan seperti pada ikan salmon, ikan mackerel, dan ikan sardines. Telur dan daging juga bisa menjadi menu alternatif tambahan atau pengganti.

Disamping itu, Vitamin D juga dihasilkan oleh beberapa jenis makanan jadi seperti sereal yang biasa untuk sarapan pagi dan atau berbagai produk berbahan dasar kacang hijau. Sebagai alternatif, Bunda juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin ini dari beragam produk "dairy milk" seperti susu, keju dan yoghurt, produk susu bubuk lainnya, dan atau lemak seperti margarin.

Sebentar Bunda, ada info tambahan dari laman wellnessmama.com. Sumber ini menyarankan agar Bunda mengkonsumsi sekitar 100 hingga 1000 mcg vitamin D tiap harinya.

Jumlah sebanyak itu dapat Bunda peroleh dari beragam produk hasil fermentasi minyak ikan Kod. GUnanya? Jaga-jaga untuk menghindari proses melahirkan secara premature. Penting kan Bunda?

Oleh: Rannie

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading