Sukses

Parenting

Sering Ngantuk Di Minggu 20? Hindari Kopi Berlebih

Moms, memasuki minggu ke 20 masa kehamilan, Anda mungkin akan sering dilanda rasa kantuk dan cepat lelah karena berat badan yang bertambah dan jumlah aktivitas yang berkurang.

Namun, betapapun berat rasa kantuk Anda, usahakan untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan. Karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat membahayakan janin dalam kandungan Anda.

Seperti dilansir dari laman majalahkesehatan.com, kafein pada kopi dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi berberat badan rendah.

Selain dua resiko berbahaya tersebut, laman ibudanbalita.net juga menambahkan bahwa kafein pada kopi bisa menembus plasenta sehingga mempu memengaruhi detak jantung serta sistem pernapasan janin.

Bahkan, beberapa studi menyebutkan, minum kopi secara berlebihan dapat mengakibatkan janin meninggal saat lahir. Bila ibu hamil sudah terbiasa minum kopi, sebaiknya porsinya dikurangi menjadi tidak lebih dari 1 cangkir per hari.

Di samping kopi, teh yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mengganggu penyerapan zat gizi pada usus. Bahkan beberapa teh herbal yang dipercaya khasiatnya juga dapat membahayakan janin Anda jika dikonsumsi secara berlebihan lho Moms. Misalnya, teh herbal yang diramu dengan daun raspberry atau rosemary bisa memicu terjadinya kontraksi yang berlebihan.

Oleh: Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading