Sukses

Parenting

Efek Pentingnya Ketercukupan Gizi pada Usia Kehamilan 20 Minggu

Moms, bersama dengan usia kehamilan yang terus bertambah, bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi Anda. Demikian juga ketika usia kehamilan Anda memasuki trimester kedua atau lebih tepatnya di minggu ke 20 ini.

Seperti dijelaskan laman bidanku.com, pada saat ini janin tumbuh dengan sangat pesat, terutama pada bagian otak berikut susunan syarafnya.

Dan menurut berbagai penelitian, ketercukupan gizi selama masa kehamilan sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan janin Anda.

Supaya lebih tahu beragam efek pemenuhan gizi, berikut dirangkumkan informasi hasil penelitian yang mengungkap pengaruh gizi pada janin, seperti dilansir laman abbottmama.co.id:

Efek jangka pendek
Gizi sangat penting untuk membantu perkembangan otak janin. Selain itu, nutrisi juga sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan dan susunan tubuh. Tidak kalah penting adalah pengaruh nutrisi dan gizi terhadap pengaturan metabolisme janin.

Efek jangka panjang
Moms, kemampuan kognitif dan kecerdasan bayi tidak tumbuh tanpa sebab. Gizi dan nutrisi termasuk 'pihak yang bertanggung jawab' terhadap perkembangan faktor amat penting ini. Selain faktor mental, nutrisi juga sangat penting untuk membentuk kekuatan fisik dan kekebalan tubuh.

Melihat pentingnya dampak ketercukupan gizi dan nutrisi seperti di atas, wajar saja jika Moms harus benar-benar memperhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh Moms.

Terlebih menyadari fakta bahwa di minggu kehamilan ke-20 ini, janin yang berada dalam kandungan Moms sudah mulai proses pertumbuhannya seperti pertumbuhan tangan, kaki, serta jaringan otak.

Oleh: Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading