Sukses

Parenting

Contoh Menu Makan Untuk Ibu Hamil Usia 16 Minggu

Lagi bingung dengan menu harian Anda di minggu ke-16 masa kehamilan ini? Atau Moms sedang bosan-bosannya makan dengan menu yang itu-itu saja?

Wah, kebetulan nih. Coba kombinasikan menu makanan Anda dengan alternatif ini.

Pagi : Bubur kacang hijau, susu ibu hamil
Snack, sekitar pukul 10.00 : gado-gado, air mineral
Siang : nasi, ikan acar kuning, yoghurt-plain
Snack, sekitar pukul 16.00 : salad buah, jus wortel
Malam : nasi, pepes telur dan jamur, tumis bayam
Sebelum tidur : susu ibu hamil

Dilansir dalam laman anmum.com, di usia kehamilan 16 minggu, berat badan janin Anda akan bertambah dua kali lipat dari berat badan sebelumnya. Hal yang sama berlaku untuk panjang tubuhnya.

Oleh karena itu, asupan gizi untuk si janin harus benar-benar diperhatikan ya Moms. Pastikan bahwa beragam nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, vitamin dan asam folat telah tercukupi seperti pada menu di atas.

Dan seperti dilansir kembali melalui laman dahlanforum.wordpress.com, kombinasi menu di atas adalah salah satu contoh asupan kombinasi yang telah memenuhi zat-zat penting yang diperlukan oleh Anda dan bayi Anda.

Tentu saja Moms juga bisa membuat variasi lain dari contoh menu di atas. Hanya saja, pastikan bahwa jumlah serat, mineral dan karbohidrat yang masuk selalu tercukupi.

Oh iya, pastikan juga bahwa asupan nutrisi bagi Moms dan si kecil selalu seimbang. Ingat ya Moms, seimbang; bukan berlebih, apalagi kurang!

Artinya, kalau Moms lagi malas makan nasi, jangan dikurangi porsinya. Ini bisa berbahaya karena membuat Moms kekurangan suplai karbohidrat untuk energi. Jadi, ganti nasi dengan sumber karbohidrat lain seperti jagung dan atau sagu.

So Moms, be creative ya! Selalu kombinasikan makanan sehat dan segar dalam menu makan Anda sehari-hari demi mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi Anda dan bayi Anda. Stay healthy!

Oleh: Maulisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading