Sukses

Parenting

Berapa Lama Harus Berjuang?

Satu dari sekian banyak keluhan yang paling sering disampaikan ibu hamil di minggu-minggu ke-35 kehamilan adalah ketakutan atau kekhawatiran terhadap proses persalinan yang sudah semakin dekat. Kebanyakan dari para bumil mencemaskan berapa lama mereka harus berjuang melawan rasa sakit selama proses melahirkan.

Seperti dilansir dari laman parents.com, kekhawatiran tersebut lebih tampak nyata jika kehamilan Moms saat ini merupakan yang pertama. Desas-desusnya, Moms bakal mengalami proses persalinan, melalui cara normal tentu saja, yang lebih lama dan lebih berat dibanding kehamilan berikutnya.

Dan seperti disampaikan laman sumber yang sama di atas, sayangnya hal tersebut benar adanya. Persalinan normal yang pertama cenderung lebih lama dibanding yang berikut. Rata-rata ibu hamil yang melahirkan normal menghabiskan waktu 12 – 14 jam dalam proses persalinan. Dan persalinan kedua atau yang berikutnya biasanya hanya berlangsung setengah dari waktu yang dibutuhkan untuk proses kelahiran anak pertama.

Tapi tidak perlu takut dan cemas berlebihan ya Moms. Setidaknya Anda telah tahu selama apa harus mempersiapkan fisik dan mental menjelang Anda memasuki kamar bersalin.

Oleh: M. Nasrul Ch.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading