Sukses

Parenting

Aw, Kuku Kusam dan Mudah Patah

Hari persalinan semakin mendekat. Bunda sudah menjalani dua dari tiga fase kehamilan seluruhnya. Keadaan fisik pun kini lebih terlatih untuk menghadapi keluhan yang muncul.

Nah, jika di awal kehamilan identik dengan mual dan muntah, lain hal nya dengan minggu – minggu kehamilan lainnya. Di usia kehamilan 33 minggu ibu hamil biasanya akan merasa adanya perubahan pada kuku – kuku mereka.

Situs whattoexpect.com menjelaskan perubahan tersebut meliputi fenomena kuku yang tumbuh panjang lebih cepat dari biasanya. Namun, pertumbuhan tersebut tidak disertai dengan penampilan kuku yang bagus. Pasalnya, kuku justru jadi lebih kusam dan rapuh. Sehhingga Bunda seringkali harus mendapati kuku patah.


Hal itu bisa sangat mengganggu. Mengingat kuku sobek sering terjadi pada bagian pangkal kuku, tentu Bunda merasakan perih.

Perubahan sistem tumbuh kuku dijelaskan sebagai dampak perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil. Hormon kehamilan somehow mempengaruhi kuku agar tumbuh jelek.

Untuk mengatas itu, cukup lakukan perawatan dirumah Bun. Menggosok – gosokkan bawang putih dapat memperkuat kuku. Selain itu pastikan mengkonsumsi makanan kaya biotin seperti kacang – kacangan, alpukat dan lain sebagainya.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading