Sukses

Parenting

Susah BAB, Perut Jadi Sebah

Hai Bunda, semakin tidak sabar menyambut kelahiran si kecil ya. Memasuki minggu ke-32 ini Bunda tentu sudah mempersiapkan beberapa hal untuk si kecil. Sudah membaca tentang jenis persalinaan apa yang Bunda pilih? Atau mungkin Bunda sudah membeli beberapa perlengkapan?

Sembari menunggu hari persalinan, ibu hamil biasanya masih akan mengalami keluhan. Keluhan yang seringkali terjadi pada trimester ketiga ini antara lain adalah gangguan pencernaan.

Ya, seperti diungkapkan situs whattoexpect.com, wanita yang menjalani kehamilannya di usia 32 minggu biasanya mengalami susah buang air besar. Jika itu yang Bunda alami saat ini, tidak usah panik Bun. Itu karena setidaknya 80% ibu hamil mengalami hal yang sama.

Fenomena susah buang air besar yang dialami ibu hamil pada trimester terakhir kehamilan ini memang ada hubungannya dengan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Bagaimana tidak? Di usia 32 minggu ini jani setidaknya telah mencapai berat 3 pon dengan panjang 15 inch.

Nah, ukuran tersebut tentu memaksa organ dalam tubuh Bunda terdesak. Itulah yang terjadi pada organ pembuangan Bunda. Tekanan yang diberikan rahim yang semakin membesar membuat kerja sistem pencernaan melambat.

Melambatnya sistem pencernaan dalam tubuh itulah yang menjadi penyebab Bunda rasanya susah buang air besar.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading