Sukses

Parenting

Aduh Maaf, Selangkangan ini Kenapa Ya?

Moms, di usia kehamilan yang memasuki minggu ke-31 ini, bisa jadi Anda mengeluhkan perasaan nyeri atau bahkan sakit di daerah sekitar pelvic dan selangkangan. Dijelaskan melalui laman parents.com, timbulnya rasa tidak enakini justru sangat wajar dan menandakan kesiapan tubuh Moms untuk menghadapi persalinan.

Saat jabang bayi bersiap turun dan berada pada posisi lahir, tulang pelvis akan sedikit bergeser sebagai persiapan jalan lahir, diikuti melarnya ligamen untuk memberi tempat bagi tulang pelvis untuk berpindah posisi.

Tak urung, pergeseran ini bisa menimbulkan nyeri yang tajam di tengah tulang selangka, hingga di bagian bawah punggung, bahkan mencapai paha bagian bawah. Pada beberapa ibu hamil, rasa sakit ini bisa muncul terus-menerus, atau pada beberapa yang lain hanya muncul saat Moms bersin, batuk dan atau tertawa.

Seperti sudah disampaikan di awal ulasan ya Moms, karena keluhan sakit ini merupakan bagian dari perubahan normal saat kehamilan, tidak ada yang bisa Moms lakukan. Cara terbaik mnegatasinya adalah mengubah posisi, entah duduk atau saat berdiri, dan tetap melanjutkan kegiatan olah raga ringan, entah itu senam hamil atau sekedar berjalan-jalan dan berenang pelan.

Oleh: M. Nasrul Ch.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading