Sukses

Parenting

Buang Air Besar Keras

Memasuki usia kehamilan minggu ke 32 ini Bunda harus waspada dengan serangan keluhan kehamilan lainnya. Jika mual – mual dan muntah sudah jadi cerita lama, pada trimester ketiga ini Bunda akan berhadapan dengan fakta gangguan sistem pencernaan berupa buang air besar keras atau konstipasi.

Konstipasi atau susah buang air besar merupakan masalah yang sangat wajar terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Terlebih lagi apabila usia kehamilannya telah mendekati hari persalinan.

Oleh situs whattoexpect.com, hal itu dijelaskan sebagai akibat dari ukuran rahim atau uterus yang semakin membesar. Uterus yang saat ini menampung janin seberat 3 pon dengan panjang 15 inch ini mendesak organ pencernaan seperti usus besar. Akibatnya, siklus pembuangan jadi tidak lancar.

Meski tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah hal itu, ada cara untuk mengatasinya. Nah, solusinya adalah semakin memperbanyak konsumsi serat pada trimester ketiga ini. Serat tersebut didapat dari konsumsi bua dan sayur – sayuran yang lebih banyak.

Selain nutrisinya baik untuk tubuh Bunda, kandungan vitamin buah dan sayur juga baik bagi janin. Yuk ngemil buah Bun.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading