Sukses

Parenting

Ouch, Kaki Kram Setiap Malam

Memasuki trimester ketiga kehamilan di minggu ke – 27 ini, tubuh Bunda semakin gencar melakukan persiapan menyambut proses persalinan. Nah, pada waktu yang sama itulah Bunda dan ibu hamil lainnya biasanya merasakan gejala keluhan kehamilan lainnya.

Situs babycenter.com menyebutkan semakin berat janin yang tumbuh di dalam perut Bunda, semakin besar pula beban yang harus Bunda tanggung. Uterus yang kian mengembang selaras pertumbuhan janin pun memberikan tekanan pada otot dan syaraf di sekitarnya. Sebagai akibat, aliran darah yang melewati otot serta syaraf tersebut melambat.

Hal itu lantas menyebabkan kontraksi pada otot kaki. Nah, kontraksi itulah yang kemudian menyebabkan kaki sering kram. Parahnya, kondisi tersebut semakin parah seiring bertambahnya usia kehamilan Bunda.

Oleh karena kram tersebut timbul dari perkembangan dan pertumbuhan janin, Bunda tidak bisa mencegah kedatangannya. Namun, rajin berolahraga jalan – jalan serta menghindari menekuk kaki bisa mengurangi sedikit kemungkinan kram terjadi. Selain itu, Bunda juga boleh memberikan pijatan – pijatan ringan pada bagian kaki.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading