Sukses

Parenting

Sembelit Melanda

Selamat datang di fase – fase akhir trimester pertama. Lega ya rasanya bisa melewati beberapa bulan di momen kehamilan yang seringkali dibilang paling rawan itu. Nah, tapi jangan berlega hati dulu Bun. Pasalnya, di menjelang akhir trimester pertama ini ini Bunda juga masih akan merasakan keluhan – keluhan kehamilan lainnya.

Ya Bund, di minggu ini Anda akan merasakan susah buang air besar atau sembelit. Informasi yang dilansir situs whattoexpect.com menjelaskan bahwa perubahan kadar hormone dalam tubuh ibu hamil masih menjadi penyebab keluhan sembelit ini.

Dijelaskan bahwa hormone dalam tubuh yang berubah mempengaruhi kerja otot – otot yang bekerja. Hal itu juga terjadi pada otot yang bertugas mengatur siklus buang air besar ibu hamil. Kerja otot yang melambat kontan mengakibatkan proses metabolisme menjadi lebih pelan.

Oleh karena hal itu merupakan dampak dari sistem kerja tubuh yang berubah pasca terjadinya ovulasi, tidak ada yang bisa Bunda lakukan untuk mencegahnya. Namun, ada yang dilakukan untuk mengurangi efek sembelit tersebut. Caranya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain baik untuk metabolisme Bunda, nutrisinya bagus untuk janin.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading