Sukses

Parenting

Pertumbuhan Janin di Minggu ke 36

Hi, Moms. Tak terasa kini si kecil akan meninggalkan rahim Moms dan menuju pelukan Moms. Minggu ke 36 berarti tinggal 4 minggu lagi, dan Moms pun akan melahirkan.

Sambil menunggu waktu itu, yuk kita lihat bagaimana si kecil tumbuh di dalam rahim Moms.

Menurut baby2see.com, terhitung sejak minggu ke 36, masat tubuh janin akan bertambah dengan pesat, yaitu sekitar 30 gram per minggu. Di minggu ke 36, berat janin diperkirakan mencapai 2,7 kg dengan panjang 48 cm, dari kepala hingga tumit.

Bertambahnya berat badan itu dikarenakan tubuh janin terus memproduksi jaringan lemak. Fungsinya, agar suhu tubuh janin tetap terjaga pada suhu normal ketika nanti janin mengalami kontak dengan lingkungan di luar rahim.

Selain itu, keberadaan jaringan lemak membuat janin tampak lebih berisi dan menggemaskan. Kulit pun tak lagi keriput, Moms, karena terisi jaringan lemak.

Janin di minggu ke 36 sibuk memposisikan dirinya agar proses kelahiran nanti bisa berjalan dengan mudah. Jadi, Moms akan menemui si kecil berada pada posisi kepala di bawah atau pantat di bawah.

Moms juga perlu mengetahui, dengan ukuran janin yang semakin besar, ruang gerak di dalam rahim pun semakin sedikit, dan janin hanya bisa bergerak menyamping. Itulah yang menyebabkan frekuensi gerakan janin berkurang sejak minggu ke 36.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading