Sukses

Parenting

Saat Janin Berkembang Sempurna

Moms, tak terasa usia kandungan kini sudah 38 minggu, dan 2 minggu lagi, atau bahkan di akhir minggu nanti, Moms bisa saja mengalami persalinan.

Sambil menunggu proses persalinan, Moms sepatutnya mengetahui bahwa tumbuh kembang janin sudah sempurna!

Seperti yang dilansir dari laman baby2see.com, Moms. Minggu ke 38 adalah saat di mana sistem pencernaan, peredaran darah, dan pernafasan si kecil siap untuk berfungsi secara mandiri ketika nanti dilahirkan.

Meski sistem pernafasan sudah sempurna, janin di dalam kandungan belum menghirup oksigen ketika bernafas, melainkan air ketuban.

Darah yang sudah terbentuk sejak minggu ke 36, beredar di dalam pembuluh kapiler, vena dan arteri janin. Jantung pun telah berfungsi dengan sempurna di minggu yang sama.

Sistem pencernaan, khususnya ekskresi, mampu berfungsi dengan baik, namu belum memungkinkan untuk mengeluiarkan feses dalam bentuk padat. Zat-zat buangan dan zat sisa janin tersimpan di dalam ususnya dalam bentuk kumpulan kotoran janin bernama Meconium. Meconium dikeluarkan janin setelah proses persalinan.

Tugas utama janin di minggu ke 38 hingga sewaktu-waktu nanti dilahirkan, adalah untuk menambah jaringan lemak. Jaeringan lemak berfungsi menjaga suhu tubuh janin, dan memberinya kemampuan beradaptasi dengan suhu di luar rahim.

Jadi, janin sudah sempurna dan tinggal menunggu sebentar untuk proses persalinan Moms.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading