Sukses

Parenting

Tumbuh Kembang Janin Ketika Janin Mencapai Minggu ke 35

Moms, saat usia kandungan mencapai hitungan 35 minggu, janin tumbuh dan berkembang mendekati kesempurnaan. Tubuhnya semakin adaptif terhadap lingkungan sekitar, dan faal tubuhnya pun semakin mandiri.

Seperti yang dilansir dari laman baby2see.com, Moms. Di minggu ke 35, sistem pencernaan, peredaran darah, dan pernafasan janin memiliki organ-organ yang berfungsi mendekati sempurna.

Pada sistem pencernaan, ekskresi dibentuk dan disimpan di dalam usus dalam bentuk meconium. Eksresi itu menunjukkan tubuh yang sudah mampu menjalankan sistem metabolismenya sendiri.

Organ pankreas juga sudah berfungsi, Moms. Hormon insulin diekskresikan ke dalam organ pencernaan membantuk mengolah glukosa menjadi energi.

Selain itu terbentuknya sel darah merah oleh sumsum tulang membuat sistem peredaran darah jadi mungkin. Peredaran nutrisi ke seluruh tubuh pun juga dilakukan oleh si kecil.

Si kecil pun menggunakan paru-parunya untuk menghirup air ketuban. Dengna begitu, si kecil bis melatih gerakan menarik dan menghembuskan nafas, sekaligus memasukkan air ketuban yang bisa membantu pertumbuhan paru-paru.

Di situs yang sama dituliskan juga bahwa mingu ke 35 adalah saat di mana janin memiliki gerak refleks. Gerakan-gerakan spontan sebagai bentuk reaksi terhadap suara mungkin dilakukannya. Contohnya adalah saat diperdengarkan suara keras, si kecil mungkin saja mengepalkan tangannya dan membalikkan badannya menghindari sumber suara.

Jadi Moms, di minggu ke-35, tumbuh kembang janin membuatnya semakin siap untuk dilahirkan.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading