Sukses

Parenting

Si Kecil Mulai Mengerti Arti Sentuhan

Moms, janin memiliki kemampuan merasakan terlebih dahulu dari kemampuan melihat. Begitupun dengan semua manusia. Lebih tepatnya, hal itu terjadi di minggu ke 25.

Menurut laman baby2see.com, minggu ke 25 adalah saatnya bagi janin untuk menjelajahi lingkungan, dan mengenali dirinya sendiri. Tapi, semua itu dilakukan janin tanpa indra penglihatan, karena kelopak mata tidak akan terbuka hingga minggu ke 28.

Syaraf sensor yang bereaksi terhadap sensasi sentuhan tumbuh pada tangan si kecil. Ini menjelaskan mengapa kandungan yang berusia 25 minggu senang menyentuh wajahnya sendiri, dan mengepalkan tangan.

Dengan menyentuh, si kecil melatih kepekaannya terhadap sentuhan. Latihan ini menunjukkan pula bahwa otak si kecil tumbuh dan berkembang dari minggu ke minggu,

Yang lebih menakjubkan, Moms. Pada kandungan dengan janin kembar, minggu ke 25 adalah waktu bagi mereka saling menyentuh dan mengenali satu sama lain. Menyentuh wajah, tangan dan bagian tubuh masing-masing adalah aktivitas yang mungkin ditemui pada kandungan dengan janin kembar.

Meski dapat berfungsi dengan baik, syaraf pada tangan si kecil sebenarnya belum begitu sempurna. Pertumbuhan dan perkembangannya masih akan terus berlanjut hingga masa akhir kandungan.

Jadi, Moms. minggu ke 25 adalah saat si kecil mulai mengerti arti sentuhan.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading