Sukses

Parenting

Tumbuh Kembang Janin di Minggu ke 16

Moms, di minggu ke 13 hingga 15, pertumbuhan tulang janin semakin membaik. Selain itu, jaringan otot janin juga sudah tumbuh dan berkembang. Maka, di minggu ke 16, Moms harus mempersiapkan diri untuk menyaksikan ekspresi wajah si kecil untuk pertama kalinya!

Moms terkejut?

Menurut baby2see.com, minggu ke 16 adalah saat di mana ekspresi wajah mungkin untuk dilakukan janin. Ekspresi yang mungkin dilakukannya adalah mengerutkan wajah (seperti saat menangis) dan mengontraksikan otot wajah.

Adanya ekspresi menunjukkan adanya aktivitas otas. Di laman yang sama dituliskan bahwa janin berusia 16 minggu bisa mendengar hal-hal di luar rahim, tidur dan bahkan bermimpi. Kira-kira apa yang dimimpikan manusia sekecil itu ya, Moms?

Selain mampu berekspresi, kulit pada janin juga terlihat lebih baik. Hal ini karena jaringan lemak mulai tumbuh pada janin. Jadi, kulit janin tidak terlihat se-transparan sebelumnya.

Janin yang berusia 16 minggu lebih aktif bernafas. Yang dihirup adalah air ketuban, Moms. Air ketuban membantu paru-paru untuk tubuh lebih baik.

Yang perlu Moms ketahui juga, bahwa di minggu ke 16, panjang janin adalah sekitar 12 cm, dan berbobot sekitar 100 gram. Bertambahnya berat si kecil lebih pesat dibandingkan panjangnya ya, Moms.

Berati, organ dalam adalah fokus pertumbuhan janin di usianya yang ke 16 minggu.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading