Sukses

Parenting

Pertumbuhan Janin 12 Minggu

Moms, di akhir trimester pertama (minggu ke 12), janin sudah bertumbuh dengan pesat. Perlu Moms ingat nih, kalau kandungan Moms disebut sebagai janin sejak usianya lebih dari 10 minggu. Embrio hanya berlaku bagi kandungan yang berusia di bawah 10 minggu, dan zygote bagi kandungan berusia kurang dari 4 minggu. Nah, bagaimana pertumbuhan si kecil di akhir trimester pertama?

Menurut baby2see.com, bertambahnya panjang dan berat janin adalah yang paling utama. Bayangkan saja Moms. Di minggu ke 10, berat si kecil hanya sekitar 4 gram. Panjangnya sekitar 3 cm. Dengan hanya bersela 2 minggu, janin kini memiliki bobot 20 gram dan panjang sekitar 6 cm.

Bertambahnya berat dan panjang itu menunjukkan pertumbuhan yang baik pada tulang dan otot janin. Karena otot dan tulang tumbuh dengan baik, kontur wajah janin juga terlihat lebih baik di minggu ke 12.

Tumbuhnya kuku kaki dan tangan juga diakibatkan membaiknya adaptasi janin terhadap kalsium

Selain itu, pankreas mulai berfungsi. Hormon insulin disekresikan pertama kalinya ketika janin berusia 12 minggu.

Perlu Moms ketahui bahwa meski kelopak mata janin sudah terbentuk sempurna, tapi tidak akan terbuka hingga bulan ke tujuh. Tertutupnya kelopak mata itu ditujukan agar pertumbuhan saraf optik janin terlindungi.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading