Sukses

Parenting

Aktifnya Janin di Trimester 2

Moms, ketika janin menginjak trimester ke dua, banyak perkembangan yang terjadi pada janin. Salah satunya adalah bertambah aktifnya janin.

Seperti yang dituliskan di baby2see.com, nih Moms. Saat janin berusia 16 minggu trimester ke dua, gerakan yang mampu dilakukannya ada banyak.

Yang pertama adalah mulainya gerakan kontraksi dan relaksasi otot dada. Gerakan ini dimaksudkan untuk menghirup dan menghembuskan cairan amniotik (air ketuban). dari laman yang sama dituliskan bahwa air ketuban sangat dibutuhkan janin untuk pertumbuhan paru-parunya.

Yang ke dua, adalah segala macam gerakan yang mungkin dilakukan janin dengan kaki dan tangannya. Mencakar, menendang, bahkan jungkir balik, sangat mungkin dilakukan janin yang berusia 16 minggu.

Yang ke tiga adalah ekspresi wajah. Moms tahu gak, kalau otak si kecil sudah berkembang dan mampu berpikir meski usianya hanya 16 minggu? Aktivitas berpikir yang dilakukan janin di usia itu adalah bermimpi, Moms. Dengan adanya kemampuan berpikir, maka rasa sakit juga mungkin untuk dirasakan janin. Jika sudah bisa merasakan rasa sakit, maka tak heran janin bisa berekspresi.

 

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading