Sukses

Parenting

Perkembangan Janin Minggu ke 13

Di minggu ke tiga belas, janin sudah tumbuh dengan sempurna, tinggal mendewasakan jaringan-jaringannya. Paru-paru sudah terbentuk. Jantung sudah berdetak, bahkan seperti yang dituliskan di laman baby2see.com nih, Moms, pankreas si kecil mulai berfungsi.

Dengan berfungsinya pankreas, maka janin memiliki insulin dan bisa memproses asupan glukosa.

Selain berfungsinya banyak faal tubuh janin, ukuran dan bobotnya juga bertambah. Di situs yang sama dituliskan bahwa panjang janin berusia 13 minggu adalah sekitar 8 cm (3 inci), dan memiliki berat kira-kira 1 ons.

Bertambahnya panjang dan berat janin menunjukkan pertumbuhan otot dan tulangnya yang semakin membaik. Hal ini memungkinkan janin untuk bergerak lebih aktif daripada minggu-minggu sebelumnya.

Jika diamati, Janin akan terlihat menggerak-gerakkan lengannya, dan menendang-nendangkan kakinya di dalam cairan amniotik (air ketuban).

Tak hanya itu lho, Moms. Kebiasaan lainnya yang sering dilakukan janin berusia 13 minggu adalah menghisap jempol. Aktivitas itu menunjukkan bahwa janin menguji dan melatih kemampuan gerak otot rahangnya. Mulut janin juga bisa terlihat lebih sering membuka dan menutup.

Jadi, Moms. Kini kandungan Anda akan semakin aktif, dan tumbuh lebih cepat. Dari yang semula berukuran kurang dari 1 mm, kini sudah mencapai 8 cm. Menakjubkan, bukan?

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading