Sukses

Parenting

Tumbuh Kembang si Kecil di Minggu ke 13

Moms, saat usia kandungan Anda mencapai 13 minggu, berarti Anda sudah melewati trimester pertama. Jika di trimester pertama, kandungan Anda melewati 3 fase (zygote, embrio dan janin), kini si kecil sudah mencapai tahapan tumbuh kembangnya yang terakhir. Janin akan mengalami pendewasaan organ dan bagian tubuh tanpa mengalami perubahan bentuk yang signifikan.

Menurut baby2see.com, ketika usia janin 13 minggu, ada 3 perubahan yang menunjukkan tumbuh kembangnya. Pertama adalah perubahan panjang dan berat, ke dua adalah perubahan tampilan fisik, dan yang ke tiga adalah perubahan aktivitas janin.

Saat janin mencapai usia 13 minggu, dari situs yang sama diperkirakan bahwa janin memiliki berat sekitar 25 gram dan panjang sekitar 8 cm. Bertambahnya panjang dan berat pada janin, menunjukkan pertumbuhan jaringan otot dan tulang yang baik.

Perubahan pada struktur tubuh dan organ janin juga semakin signifikan ketika usianya menginjak 13 minggu. Contohnya adalah mulai jelasnya alat kelamin janin. Dengan begitu, jenis kelamin sudah bisa diperkirakan. Tapi, Moms harus ingat ya, kalau penentuan jenis kelamin itu adalah sejak sperma mempenetrasi ovum. Jika sudah lewat proses pembuahan (konsepsi), jenis kelamin bayi tak mungkin berubah.

Pada wajah janin, hidung dan dagunya sudah terbentuk lebih baik. Hal ini dikarenakan pertumbuhan jaringan otot dan tulang pada janin.

Aktivitas yang dilakukan janin lebih beragam. Contohnya adalah menghisap jempol, menendang-nendangkan kaki, membuka tutup mulut dan berpindah-pindah tempat di dalam cairan amniotik.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading