Sukses

Parenting

Pertumbuhan Janin di Minggu ke 15

Moms, ketika usia janin melewati trimester pertama dan menginjak minggu ke 15 trimester ke dua, banyak sekali perubahan yang terjadi. Bukan perubahan yang negatif, Moms, tapi perubahan yang baik karena disebabkan oleh tumbuh dan berkembangnya janin. Moms penasaran?

Menurut baby2see.com, ketika janin berusia 15 minggu, pertumbuhan bayi semakin menuju ke bentuk badan proporsional. Jika sebelumnya, janin didominasi oleh kepala, kini kaki mulai tumbuh lebih panjang dari kepala, dan panjang tangan juga tumbuh tapi tidak melebihi panjang kaki.

Pertumbuhan itu dikarenakan jaringan tulang dan otot janin juga tumbuh. Otot pada janin 15 minggu lebih kuat dibandingkan janin berusia di bawah 15 minggu. Oleh karena itu, tendangan kaki dan gerakan-gerakan janin di usia ini pasti lebih terasa bagi Moms.

Semakin membaiknya jaringan tulang pada janin ditunjukkan dengan bertambahnya panjang kuku kaki dan tangan janin.

Selain itu, Moms. Kini janin juga suda bisa mengepal, menunjukkan bahwa janin memiliki kendali atas ototnya, dan mulai mempelajari kesadaran motorik.

Menarik kan, Moms? Hanya dalam waktu 15 minggu, janin yang dulunya hanya segumpal sel sudah memiliki otot, tulang, organ dan bahkan bisa bergerak.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading