Sukses

Parenting

Minggu Pertama Kehamilan? Apa Yang Terjadi?

Moms, kelahiran si kecil pasti sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri. Jika Moms adalah salah satunya, perlu nih bagi Anda untuk mengetahui tahapan perkembangan janin.

Seperti yang ditulis oleh clevelandlinic.org, nih. Ternyata, saat 2 minggu pertama kehamilan, embrio (mudigah) belumlah terbentuk. Yang terjadi adalah perubahan pada protein pelindung ovum, penentuan jenis kelamin bayi, dan terbentuknya zygote.

Berubahnya protein itu ditujukan untuk mencegah sel sperma lain membuahi sel ovum. Moms tahu kan kalau hanya ada satu sel ovum, tapi ada jutaan sel sperma yang datang membuahinya, dan hanya satu sel sperma yang akhirnya berhasil.

Meski pada 2 minggu pertama embrio belum terbentuk, jenis kelamin bayi sudah ditentukan. Jika sperma yang berhasil membuahi ovum memiliki kromosom X, bayi yang lahir berjenis kelamin perempuan. Sedangkan, jika sperma itu mengandung kromosom Y, jenis kelamin si kecil adalah laki-laki.

Selain itu, sekitar 24 jam sesudah pembuahan, pembelahan sel telur mulai terjadi. Sel telur tersebut membelah menjadi banyak sel. Sel telur itu disebut zygote.

Pembelahan zygote yang normal berlangsung selama tiga hari. Selanjutnyam zygote sampai pada tahapan blastula.

Saat zygote mencapai tahapan blastula, berarti dia siap untuk melekatkan diri ke endometrium untuk melakukan nidasi (Implantasi). Rentang waktu di antara pembuahan dan nidasi adalah sekitar 6 sampai 7 hari.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading