Sukses

Parenting

Perkembangan Organ Embrio

Moms, pernah gak merasa penasaran bagaimana sih detailnya proses perkembangan janin? Kalau pernah, dan belum berhasil menjawab pertanyaan itu, artikel ini ditujukan untuk Anda.

Dalam perkembangan janin, tahapan paling awal adalah terbentuknya zygote. Selanjutnya, diikuti dengan terbentuknya blastula, embrio, dan yang terakhir (setelah sekitar minggu ke 6 kehamilan) adalah janin.

Meski organ tubuh bayi terlihat jelas di saat menjadi janin, tapi sebenarny pembentukan organ tubuh sudah dimulai sejak hasil konsepsi (pembuahan) menjadi embrio (pada minggu ke tiga kehamilan).

Menurut Encarta 2009, dituliskan bahwa di minggu ke tiga, jaringan berbentuk tabung berkembang di bagian belakang embrio. Dari jaringan berbentuk tabung itulah, sumsung tulang belakang dan otak bayi kelak akan tumbuh.

Di minggu ke tiga ini juga, jaringan yang bakal menjadi sistem kardiovaskular bayi tumbuh, namun sistem kardiovaskular embrio masih bergantung sepenuhnya pada plasenta.

Pertumbuhan sistem kardiovaskular embrio ditunjukkan dengan munculnya dua arterie umblikalis, dan 1 vena umblikalis. Ke-duanya terhubung dengan plasenta.

Jadi, pertumbuhan organ-organ vital bayi mulai tumbuh sejak usia kehamilan 3 minggu pada trimester pertama.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading