Sukses

Parenting

Pembentukan Organ Pada Embrio

Moms, perkembangan bayi dari zygote, embrio, janin, hingga menjadi bayi seutuhnya memang menarik untuk ditelusuri. Di minggu pertama, pembuahan (konsepsi) terjadi. Lalu diikuti dengan terbentuknya zygote dan membelahnya hasil konsepsi tersebut. Setelah itu, zygote masuk ke tahap blastula dan menuju endometrium (dinding rahim) untuk melakukan implantasi.

Seluruh proses itu terjadi hingga akhir minggu ke tiga, saat hasil konsepsi berkembang menjadi lebih mirip sebuah organisme dan bukan segumpal sel lagi. Di minggu ke tiga ini, hasil konsepsi disebut sebagai embrio.

Seperti yang dituliskan pada laman clevelandclinic.org, Moms. Di minggu ke tiga, mulut, rahang bawah, dan tenggorokan mulai terbentuk. Sel darah pun sudah mulai ada pada embrio, begitupula dengan jantung.

Hanya saja, pada embrio, sistem kardiovaskular masih terhubung dengan plasenta. Baru pada minggu ke sepuluh sistem kardiovaskular dibentuk secara sempurna.

Pertumbuhan organ-organ ini berlangsung hingga minggu ke empat, dan saat itulah perbedaan di antara organ-organ embrio bisa terlihat jelas.

Menarik kan, Ladies? Meski belum terbentuk sempurna, ternyata organ pada bayi terbentuk sejak minggu ke tiga masa kehamilan.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading