Sukses

Parenting

Apa Yang Terjadi Saat Pembuahan?

Moms, terdapat tiga proses permulaan kehamilan, yaitu pembuahan, Nidasi, dan Plasentasi. Di minggu pertama, yang terjadi adalah pembuahan.

Secara singkat, pembuahan adalah bertemunya sel sperma dan sel ovum di tuba fallopi. Tapi, apa sih yang sebenarnya terjadi di situ?

Menurut Encarta 2009, bertemunya sel sperma dan sel ovum masih dibagi lagi menjadi tiga tahapan. Yang pertama adalah proses menujunya sperma ke ovum. Yang ke dua adalah melekatnya sel sperma pada ovum, dan yang terakhir adalah penetrasi sel sperma pada sel ovum.

Dari sumber yang sama dituliskan bahwa sel sperma bisa menemukan sel ovum di tuba fallopi karena sel sperma bereaksi terhadap cairan pelindung ovum.

Selanjutnya, sel sperma menempel pada lapisan luar ovum (zona pellusida). Proses menempelnya sel sperma pada sel ovum ini hanya berlangsung dalam hitungan detik atau menit.

Proses yang ke tiga adalah penetrasi sel sel sperma. Setelah satu sel sperma berhasil melakukan penetrasi, zona pellusida mengalami perubahan dan mencegah sel sperma lainnya untuk ikut membuahi.

Saat proses penetrasi ini, sperma mengeluarkan akromosom untuk melubangi permukaan ovum. Setelah penetrasi, sel sperma dan ovum melebur menjadi satu. Proses peleburan ini hanya terjadi dalam hitungan detik, Moms.

Setelah melebur, zygote pun terbentuk, dan seiap untuk melewati tahapan selanjutnya hingga menjadi embrio.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading