Sukses

Parenting

Masa Konsepsi

Moms, kehamilan adalah pristiwa yang sangat penting bagi Mom, tentunya. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi saat fasa awal kehamilan.

Tahapan paling awal dari kehamilan adalah tahapan konsepsi, yaitu pembuahan. Konsepsi, atau pembuahan dikenal juga dengan istilah fertilisasi. Jadi, kalau Ladies pernah mendengar ketiga-tiganya, jangan bingung ya. Ketiganya merujuk pada proses yang sama.

Menurut clevelandclinic.org, pada tahapan konsepsi, yang terjadi adalah bertemunya sel ovum dan sperma di tuba fallopi, yaitu organ reproduksi berupa saluran (tuba) yang menghubungkan ovarium dan rahim.

Dari jutaan sel sperma yang masuk melalui Miss V, hanya satu sel sperma yang mampu menuju tuba fallopi dan melakukan pembuahan.

Bagaimana dengan sel sperma lainnya?

Untuk memastikan hanya ada satu sel sperma yang membuahi ovum, lapisan pelindung ovum (zona pellusida) mengalami perubahan. Perubahan pada lapisan itu mencegah terjadinya pembuahan oleh lebih dari satu sel sperma.

Setelah sel sperma melekat pada sel ovum, maka peleburan keduanya pun terjadi. Beberapa jam setelah peleburan, pembelahan sel terjadi. Pada tahapan ini, sel ovum dan sperma membentuk zygote. Pembelahan zygote ini Moms, terjadi selama 3 hari.

Jadi, setelah proses pembuahan, janin tak langsung terbentuk, Moms. Bahkan, sekarang kita sudah tahu bahwa di minggu pertama, embrio (mudigah) juga belum terbentuk. Yang terbentuk hanyalag zygote.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading