Sukses

Parenting

Perubahan Dimulai di Paru-Paru

Dikaruniai dengan seorang buah hati bukan berarti Anda akan mendapatkannya dengan mudah lho, Ladies. Kehamilan punya masalah-masalahnya sendiri dan punya resiko-resikonya sendiri. Ketika Anda hamil, tubuh Anda akan diubah menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk buah hati Anda tumbuh, sebelum melanjutkan waktunya untuk berkembang di luar rahim ketika lahir

Perubahan-perubahan tersebut terkadang tidak terasa dan terkadang menimbulkan masalah lho, Ladies. Salah satunya adalah pada sistem pernafasan Anda. Seperti dijelaskan melalui pregnancycorner.com, pada minggu ke-20 ini Anda akan merasakan kesulitan dalam bernapas. Tentu saja, perubahan ini terbilang normal, selama Ladies memang tidak mengidap penyakit pernafasan tertentu seperti asma dan atau alergi lainnya.

Dengan makin bertambahnya pertumbuhan bayi dalam rahim Ladies, dengan sendirinya beberapa organ dalam Anda menerima tekanan akibat pembesaran rahim. Adanya tekanan tambahan tersebut akan mempersempit dan membatasi gerak organ dalam tubuh, termasuk kinerja paru-paru dan jantung.

Nah Ladies, akibat dari pembatasan fungsi organ tersebut tentu sudah bisa Anda kira. Organ dalam seperti hati, limpa dan paru-paru yang tertekan akan menghambat peredaran darah dalam tubuh. Karenanya, Anda akan sering merasa sesak nafas dan atau sering ngos-ngosan, meski Ladies tidak sampai bekerja terlalu berat.

Oleh: Mamor Adi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading