Sukses

Parenting

Kolostrum dan Postpartum Depression

Ketika kehamilan Anda memasuki minggu-minggu pertengahan trimester ketiga, tubuh Anda mulai mempersiapkan diri untuk proses berikutnya yaitu melahirkan dan menyusui. Terjadi perubahan hormonal dalam tubuh Anda dan efek sampingnya adalah perasaan tidak karuan, susah tidur, gelisah, tidak selera makan, gampang panik, dan banyak lainnya. Mencari bantuan untuk meluapkan perasaan dan merasa lebih baik perlu Anda lakukan karena tanpanya, resiko Anda untuk menderita postpartum depression semakin besar lho, Ladies.

Secara fisik, tubuh Anda juga akan mengalami perubahan. Salah satunya terjadi pada bagian payudara Anda, Ladies. Mulai minggu ini, payudara Anda akan terasa penuh. Kenapa? Ketika minggu-minggu trimester ketiga, payudara Anda akan diisi oleh kolostrum atau air susu ibu pertama. Kolostrum sangat penting karena adalah sumber makanan sempurna untuk buah hati Anda selepas persalinan.

Menurut parenting.com, dengan semua perubahan yang terjadi pada Anda, merasakan sedikit depresi itu wajar kok. Anda masih dalam tahap transisi dan mencari bantuan untuk melawan pengaruhnya adalah langkah yang cukup tepat. Menulis diary, jurnal, blog, ataupun berbicara dengan pasangan, teman dekat, ataupun tenaga professional seperti dokter atau psikiater akan membantu Anda mengurangi resiko postpartum depression selepas persalinan

Oleh: Mamor Adi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading