Sukses

Parenting

Belum Juga Dilahirkan, Janin Fokus Menambah Berat Badan

Ladies, masih ingatkan Anda bahwa satu pekan lalu sebenarnya bayi Anda sudah siap untuk dilahirkan? Nah, berarti Anda juga masih ingat bahwa minggu ketiga puluh enam ini hingga minggu keempat puluh, bayi Anda hanya fokus untuk menambah berat badan.

Menurut mayoclinic.com, bayi Anda sudah mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak hingga minggu ini. Rahim Anda sudah terasa sempit baginya, namun dia masih bisa sedikit berputar, menendang, tapi tidak lagi seaktif minggu-minggu lali.

Dikutip dari babycenter.com, bayi Anda sekarang sudah sebesar kubis. Berat badannya mencapai 6 pounds, dengan panjang sekitar 18.5 inchi.

Walaupun sudah cukup besar, menurut parenting.com, bayi Anda masih menimbun lemak. Dia membutuhkan lemak itu sebagai persiapan kelahiran. Ketika dia lahir, lemak digunakan untuk menjaga rasa bayi agar tetap merasa hangat, dan juga menjaga suhu tubuh.

Setelah sembilan bulan melindungi si kecil dari cairan ketuban, hampir semua lanugo dan vernix caseosa yang melindungi tubuhnya rontok. Kedua lapisan itu bercampur dengan air ketuban, dan kemudian ditelan oleh bayi Anda.

Nah, ini adalah kali pertama bayi Anda mencerna makanan padat, yang nantinya akan dilekuarkan sebagai ekskresi kehitaman---mekonium---yang muncul pada buang air besar pertama.

Mekonium yang berhasil keluar pada pembuangan pertama merupakan tanda bahwa bayi tubuh Anda berhasil mencerna ASI.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading