Sukses

Parenting

Air Susu Bocor, Jadi Malu Nih

Bunda, di minggu ke-32 ini, kelahiran bayi memang seakan masih cukup lama, tetapi Anda dan si buah hati secara fisik sudah sangat siap loh. Tubuh sudah bersiap jika sewaktu-waktu terjadi kelahiran prematur.

Seperti yang dilansir dalam situs thebump.com, bayi Anda sekarang sudah di posisi kepala dibawah menghadap ke mulut rahim loh. Anda juga akan menyadari puting susu Anda semakin gelap dan kadang bocor. Aduh! Risih juga ya.

Payudara Anda akan semakin sering mengeluarkan cairan kental dan kuning yang disebut kolostrum. Memang terasa tidak nyaman, Bunda. Apalagi jika cairan itu keluar hingga membuat baju basah. Yang Pasti Bunda akan malu jika sampai ada orang yang melihatnya.

Pada dasarnya pengeluaran kolostrom memang normal terjadi di trimester III. Ini adalah bentuk lain dari kesiapan tubuh Anda menyongsong persalinan. Kolostrum kaya akan protein, antibodi dan immunoglobulin yang akan melindungi bayi dari infeksi. Kolostrum adalah makanan yang sempurna bagi bayi Anda karena mudah dicerna, dan kaya akan nutrisi.

Selain itu, kolostrum yang keluar pertama akan membantu mengeluarkan kotoran puting, mekonium. Tubuh Anda mulai memproduksi kolostrum selama tiga sampai empat bulan kehamilan, sehingga pada minggu ke-32 ini wajar jika cairan ini mulai bocor.

Saat Anda melahirkan, kolostrum akan berwarna sedikit lebih pucat dan jernih. Cairan ini akan terus keluar hingga beberapa hari setelah melahirkan, sampai kolostrum berubah menjadi ASI. Untuk itu, jika Anda mengalami hal ini, pakai breast pad agar kolostrum dapat terserap dan tidak sampai membasahi baju Anda.

Simple kan, Jangan mengeluh ya Bunda.

Oleh: Orista V Anggraningtyas

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading