Sukses

Parenting

Kakiku Kram, Jadi Susah Tidur Nih

Di trimester ketiga, terutama pada ke 29 ini adik bayi di kandungan sudah bertambah besar ya Bunda. Biasanya kalau mau tidur sudah persiapan banyak bantal agar tidur jadi lebih nyaman. Tapi, ada saja saat-saat Bunda merasakan kram kaki.

Menurut birth.com.au, kram ini bisa dirasakan di telapak kaki, paha dan betis yang bisa dialami hampir 50% wanita hamil. Kram kaki biasanya dialami malam hari, akibatnya. Ibu hamil jadi susah tidur dan terasa lebih lelah.

Banyak hal yang bisa menyebabkan kram kaki yaitu kurangnya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, potassium dan sodium atau garam pada tubuh bumil. Mineral-mineral tersebut berperan penting pada fungsi-fungsi otot.

Kalau sewaktu-waktu Bunda mengalaminya, Bunda bisa menggosok-gosok atau memijat bagian kaki yang kram, menggerak-gerakkan kaki atau mengkompresnya dengan air dingin atau hangat. Untuk mencegahnya, Bunda juga bisa melakukan stretching atau latihan peregangan di siang harinya atau sebelum tidur.

Selain itu perbanyak makan makanan yang mengandung zat besi contohnya daging dan kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam. Jus jeruk juga bagus karena vitamin C yang ada di jeruk bisa menyerap zat besi dengan baik.

Apakah Bunda pernah mengalaminya? Kalau iya, jangan lupa makan makanan tadi ya.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading