Sukses

Parenting

Sering Mengalami Gusi Berdarah

Wah Bun, sudah masuk minggu ke 30 nih. Hari besar yang ditunggu ? Tunggu semakin dekat saja nih. Bagaimana keadaan Bunda? Lebih kuat dan siap kan menyambut kehadiran si kecil ke dunia?

Nah memasuki masa ? masa akhir kehamilan, dimana ukuran janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sudah mencapai sempurna, hormon kehamilan di dalam tubuh Bunda pun semakin banyak. Hal itu tentu membawa efek samping terhadap Bunda, seperti salah satunya sering mengalami pendarahan pada bagian gigi dan gusi.

Pendarahan di bagian gigi dan gusi memasuki usia kehamilan minggu ke 30 dinyatakan sebagai salah satu hal yang normal terjadi pada ibu hamil, seperti yang disampaikan pada artikel yang dilansir oleh situs whattoexpect.com. Penyebabnya, seperti yang disampaikan pada situs yang sama, adalah pengaruh hormon kehamilan yang semakin meningkat seiring perkembangan janin yang semakin pesat.

Tidak ada yang bisa Bunda lakukan untuk menghindari masalah gusi berdarah pada usia kehamilan Bunda saat ini. Satu ? satunya hal yang bisa Bunda lakukan adalah lebih menjaga kebersihan rongga mulut dengan lebih sering menyikat gigi.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading