Sukses

Parenting

Janin Sudah Sepanjang Penggaris Anak Sekolah

Ladies, minggu ketiga puluh empat kehamilan adalah minggu dimana kuku jemari bayi Anda sudah tumbuh hingga ujung. Sekarang dia memiliki kuku sempurna.

Menurut mayoclinic.com, pada minggu ini bayi Anda memiliki panjang 30 senti. Sepanjang penggaris yang biasanya dipakai anak-anak SD sekolah.

Nah, karena lanugo mulai rontok beberapa minggu lali, vernix caseosa---lapisan yang melindungi kulit Anda dari abrasi air ketuban---makin menebal. Dalam beberapa minggu, lanugo dan vernix caseosa akan runtuh, dan bercampur dengan air ketuban.

Sekarang dia sudah tumbuh sebesar cantaloupe, atau timun mas. Hampir sebesar semangka. Bobotnya mencapai 3.75 pounds, dan tingginya mencapai 18 inchi.

Tubuh bayi yang semakin besar membuat kulit perut Anda menipis. Tapi ini bukan kekurangan ya Moms. Penipisan kulit diperlukan supaya cahaya mampu menerobos pori-pori kulit.

Cahaya tersebut menjadi stimuli agar bayi Anda bisa membuka dan menutup mata. Pada masa inilah tubuh bayi akan menyesuaikan diri dengan cahaya matahari, yakni dia akan beraktivitas di siang hari, dan istirahat di malam hari. Keteraturan ini yang disebut dengan circadian rhythm dalam bahasa medis.

Bila bayi Anda lahir di minggu ini, bayi Anda masih akan disebut bayi prematur. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena bayi yang lahir dalam minggu 34 hingga 37 tidak memiliki resiko kesehatan. Mereka hanya akan membutuhkan perawatan neo-natal untuk mematangkan organ vital seperti paru-paru. Selepas itu, Anda sudah bisa membawanya pulang.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading