Sukses

Parenting

Perubahan Penampilan dan Ukuran Payudara

Pada saat Anda dinyatakan positif hamil, perasaan senanglah yang pasti Anda rasakan. Hal ini dikarenakan Anda akan segera dapat menimang buah hati Anda sendiri setelah beberapa lama menunggu kabar bahagia ini. Bukan hanya Anda saja yang akan merasa sangat bahagia, tetapi juga keluarga Anda dan tentu saja keluarga suami Anda.

Namun, kebahagiaan ini harus disertai dengan beberapa persiapan untuk masa-masa kehamilan yang akan Anda jalani tersebut. Hal ini disebabkan Anda akan mengalami perubahan-perubahan pada diri Anda selama masa-masa kehamilan tersebut berlangsung. Beberapa perubahan mungkin tidak akan terlalu berpengaruh pada kondisi Anda dan juga bayi Anda, namun beberapa perubahan lain mungkin dapat sangat berpengaruh.

Dan pada minggu ke-16 ini, seperti dijelaskan dalam laman pregnancycorner.com, Bunda akan merasakan bahwa penampilan dan ukuran payudara Bunda sedikit berubah. Perubahan ini terjadi karena kelenjar susu di dalam payudara Anda sudah mulai bekerja memproduksi ASI untuk calon jabang bayi yang saat ini masih dalam rahim.

Seiring dengan itu, Bunda juga semakin dapat melihat urat-urat darah di sekitar payudara dengan jelas. Hal ini sangat normal ya Bun, karena aliran darah di dalam payudara juga mengalami peningkatan. Pada beberapa wanita, pembesaran payudara juga sering diikuti dengan pengerasan dan, terkadang, merembesnya air susu meski dalam jumlah yang tidak banyak.

Jika hal ini terjadi, Bunda disarankan menggunakan breast-pad, utamanya ketika Bunda berada di kantor, untuk menghindari perasaan risih dan menjaga payudara tetap bersih dan tidak terlalu lembab.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading