Sukses

Parenting

Sakit Semua, Jadi Susah Tidur

Bunda, selamat ya! Akhirnya kehamilan sudah memasuki trimester III. Tinggal beberapa minggu menuju proses persalinan nih. Bagaimana sudah semakin khawatir ya? Selain kekhawatiran yang semakin meningkat Anda akan menggalami insomnia alias susah tidur.

Seperti yang dilansir dalam thebump.com,insomnia bisa terjadi karena banyak alasan diantaranya karena kaki kram, sakit punggung, sesak napas dan kekhawatiran yang menyebabkan stres.

Tips untuk mengantuk dan dapat tidur pulas tergantung pada alasan mengapa Anda susah tidur. Jika kaki kram adalah masalahnya, Anda bisa melakukan peregangan otot betis dulu sebelum tidur. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan konsumsi calcium dan potasium yang ada dalam makanan seperti yogurt dan pisang. Atau, coba dengan meminta pasangan Anda melenturkan kaki Anda ketika kram.

Jika masalah susah tidur berasal dari sakit punggung, menggunakan bantal di bawah perut Anda dan diantara kaki Anda dalam malam hari dapat mengurangi beberapa ketidaknyamanan akibat sakit punggung.

Sesak napas juga dapat terjadi kapan saja selama kehamilan, tetapi banyak ibu hamil yang semakin sering mengalaminya di trisemester III. Mengunakan bantal untuk menopang tubuh Anda di tempat tidur atau tidur di bersandar di sofa ruang tamu akan sedikit membantu.

Khawatir tentang kehamilan Anda dan kesehatan bayi Anda adalah sangat normal. Untuk itu, mengambil terapi untuk mengurangi stres atau kelas persiapan persalinan sangat direkomendasikan. Anda juga bisa menulis daftar kehawatiran Anda sebelum tidur dan menyisihkannya di sebelah Anda sehingga Anda tidak terpaku dengan kekhawatiran semalaman.

Untuk menghilangkan rasa sudah tidur Anda juga bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan sebelum tidur antara lain membaca buku, minum segelas teh, atau minta pasangan Anda memijat leher, bahu, punggung dan kaki atau dengan mandi Air hangat sebelum tidur.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Orista V Anggraningtyas

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading