Sukses

Parenting

Janin Anda Sudah Bisa Berkegiatan

Ladies, dua minggu lagi Anda sudah berada di trimester ketiga. Perut Anda pasti sudah membuncit, karena janin Anda sekarang ini memiliki tubuh dengan panjang 8 inchi, dengan berat 6.3 ons.

Menurut mayoclinic.com, di minggu ini bayi Anda memiliki kulit yang keriput. Walaupun masih sedikit transparan, namun pigmen sudah mulai tumbuh, sehingga kulit si kecil berwarna pink kemerahan.

Nah, di minggu ini bayi Anda sudah memiliki “rapid eye movements”. Itu adalah gerakan mata yang sangat cepat ke kiri dan ke kanan, yang menandakan dia sedang tidur.

Selain perkembangan panca indra, lidah bayi Anda memiliki pucuk perasa, sehingga dia bisa merasakan apapun yang masuk ke dalam mulutnya.

Menurut babycenter.com, bayi Anda sekarang sudah memiliki suara favorit, dan suara yang tidak dia suka. Dia tidak suka suara keras. Tapi dia suka suara yang easy-listen. Jadi, Anda bisa mengahar dia menyanyi dan menari bersama, karena dia juga sudah bisa mendeteksi gerakan-gerakan Anda.

Dia sudah bisa banyak bergerak---menendang, menggeliat, melebarkan kedua tangan, dan meniti tali pusar dengan jemarinya. Dia sedang banyak bergerak karena untuk saat ini uterus Anda masih lebar baginya.

Kemudian, bila bayi Anda lelaki, maka testis turun dari abdomen. Sedangkan bila anak Anda perempuan, maka uterus dan uvariumnya sudah berada di tempat yang tepat. Tentu saja dengan stok ovum sepanjang hidup.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading