Sukses

Parenting

Yuk, Ajak Janin Berkomunikasi!

Ladies, menurut mayoclinic.com, minggu kehamilan kesembilan belas adalah minggu dimana fokus pertumbuhan bayi Anda adalah vernix caseosa. Vernix caseosa adalah sebuah lapisan yang melindungi kulit bayi Anda dari abrasi kulit akibat air ketubuh.

Selain itu, fokus kedua adalah perkembangan alat kelamin.

Menurut babycenter.com, prestasi terbaik bayi Anda di minggu ini sehubungan dengan perkembangan sensor. Otak si kecil mulai merancang letak sensor untuk membau, merasakan, mendengarkan, melihat, dan merasakan.

Nah, banyak sekali ahli medis yang memastikan bahwa bayi Anda sudah bisa mendengar suara Anda sekarang. Jadi, ajak dia bercakap-cakap, Ladies. Menyanyi juga boleh.

Sekarang dia sudah berukuran lebih besar dari buah tomat heriloom. Bobotnya sekitar 8.5 ons, dan panjangnya mencapai 6 inchi. Kaki dan tangannya sudah berada di posisi yang proporsional.

Dilansir dari parenting.com, ginjal si kecil sudah bisa memproduksi urin dengan baik, sedangkan rambutnya sudah mulai tumbuh. Selain itu, cikal bakal gigi sudah memenuhi gigi.

Nah, syaraf motorik antara otot dan otak sudha terhubung, sehingga dia sekarang sudah bisa mengontrol pergerakannya. Sekarang dia bisa menendang ketika ingin, bergulung-gulung ketika ingin, dan menghisap jempol ketika dia ingin.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading