Sukses

Parenting

Organ-Organ Bayi Mulai Kompleks Sekarang

Ladies, masih ingatkah Anda bahwa dua minggu lalu petak rambut si keci mulai tumbuh? Nah, di minggu ini, Anda bisa melihat rambut tipis iitu dalam pemeriksaan USG.

Menurut mayoclinic.com, tidak hanya rambut yang semakin terlihat. Lanugo---rambut hitam yang melindungi si bayi---juga semakin tebal. Lanugo berfungsi untuk mengikat vernix caseosa yang berfungsi untuk melindungi kulit si kecil dari abrasi air ketuban.

Menurut babycenter.com, bila Anda sedang melihat si kecil melalui USG, Anda bisa melihat lanugo menutupi seluruh bagian---bahkan---bagian kulit tubuh yang masih keriput. Lanugo akan hilang setelah jumlah jaringan lemak di kulit bayi sudah cukup.

Di dalam perutnya, pankreas sedang tumbuh dengan stabil. Sebentar lagi pankreas akan belajar untuk memproduksi hormon.

Ladies, inilah minggu dimana bayi Anda terlihat seperti miniature bayi. Dia memiliki bobot hampir satu pound. Sekarang dia sebesar buah timun mas.

Dia memiliki bibir, kelopak mata, dan alis yang terbentuk dengan lebih jelas. Di minggu ini, kedua iris si kecil sudah terbentuk dengan rapi, tetapi masih mengandung sedikit pigmen. Masih ingatkan Anda bahwa warna pigmen akan menjadi stabil setelah bayi Anda lahir? Mungkin saja sekarang matanya masih berwarna biru, walaupun Anda dan pasangan Anda keturunan Indonesia asli.

Selain itu, sudah ada tunas gigi yang berkembang dengan sempurna di dalam gusinya. Menurut parenting.com, gigi taring dan geraham awal tumbuh dari jaringan keras yang mendasari gusi.

Dari kelima panca indra, indra peraba adalah indra pertama yang berkembang selama dalam kandungan. Bayi Anda belajar mengenal dengan menyentuh keadaan di sekelilingnya, dan menyimpan memori ketika dia menendang, bergulung-gulung, dan menggeliat.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading