Sukses

Parenting

Janin Usia 18 Minggu Mulai Bisa Interaksi

Ladies, minggu kehamilan kedelapan belas adalah minggu dimana telinga bayi Anda berkembang dengan sempurna. Singkatnya, ini adalah titik dimana telinga bayi Anda terbentuk dengan sempurna, melekat di tempat yang tepat, dan, mungkin bayi Anda sudah bisa mendengar dengan lebih jelas.

Menurut parenting.com, bayi Anda yang sebelumnya hanya terbiasa mendengarkan detak jantung Anda, aliran darah Anda, dan suara perut lapar, di minggu ini dia mulai mampu mendengarkan suara berisik di luar perut. Pada saat ini mungkin dia mulai mengenal suara Anda dan pasangan Anda.

Indra penglihatan janin Anda juga sudah mengalami perkembangan lebih baik. Retina menjadi lebih peka terhadap cahaya. Dia sedang menyukai warna merah

Menurut mayoclinic.com, sekarang si kecil memiliki panjang tubuh 5,5 inchi, dengan berat badan sekitar 7 ons. Dia sudah sebesar paprika hijau.

Karena tulang lunak si kecil sudah mulai mengeras, maka dia sedang gemar memainkan tulang-tulang itu. Siapa tahu nanti dia jadi jagoan breakdancing?

Kulit si kecil masih saja transparan, sehingga Anda bisa melihat aliran dan pembuluh darah. Selain itu, lapisan myelin mulai mengelilingi syarafnya, dan akan terus berlangsung hingga dia berumur lebih dari 1 tahun.

Bila bayi Anda perempuan, maka uterus dan kedua tuba falopi sudah mulai tumbuh. Bila dia lelaki, maka testikel akan Nampak, walaupun besar kemungkinan akan mereka sembunyikan ketika pemeriksaan USG.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading