Sukses

Parenting

Mata Jadi Gatal dan Kabur

Selamat ya, Bunda! sebentar lagi Anda akan melewati trisemester pertama kehamilan. Pada minggu ke-12 ini hormon Anda akan sedikit menurun, sehingga Anda tidak begitu emotional. Namun, beberapa calon ibu ada yang mengeluhkan mata terasa gatal dan kabur.

Seperti yang dilansir dalam thebump.com, perubahan hormon tersebut dapat membuat mata Anda gatal, merah dan sensitif terhadap cahaya. Tapi, gejala ini masih disebut normal Bunda. Keluhan ini disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi di kornea mata, seperti pembengkakan payudara dan kaki akibat hormon.

Kornea mata yang membengkak akan menyebabkan penurunan produktifitas air mata, sehingga mata akan terasa kering dan tidak nyaman. Selain itu, mata akan sedikit kabur dan tidak dapat melihat dengan jelas. Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan lensa kontak sebaiknya jangan menggunakannya terlalu sering dan juga jangan dipakai di malam hari.

Salah satu sahabat Bunda pernah mengalami hal ini, dia biasanya dapat melihat dengan baik karena penglihatannya normal. Tapi, ketika mengalami keluhan ini dia menjadi kabur dan tidak dapat membaca tulisan stiker belakang dari mobil yang parkir hanya 4 meter di depannya, padahal suaminya yang memakai lensa kontak dapat membacanya.

Jadi, Bunda yang mengalami keluhan ini tidak perlu khawatir ya. Namun, jika Bunda memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau diabetes sebaiknya segera periksa ke dokter Anda, dan jangan langsung memberi obat tetes pada mata Anda, karena obat tetes dengan dosis tertentu dapat berbahaya pada calon buah hati loh.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Orista V Anggraningtyas

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading