Sukses

Parenting

Kok Keputihan Terus Ya?

Tidak terasa ya Bunda, kehamilan sudah memasuki minggu ke-4. Bagaimana kondisi Bunda dan calon buah hati? Wah banyak keluhan ya Bun. Memang, laman webmd.com menyebutkan bahwa keluhan yang biasa terjadi di minggu ke-4 kehamilan adalah keputihan.

Tapi jangan khawatir bunda, seperti dilansir situs sharingdisana.com, keputihan ini normal kok, asalkan syarat keputihannya tidak berwarna, berbau, dan menyebabkan rasa gatal atau iritasi. Keputihan ini terjadi karena peningkatan hormon selama kehamilan yang meningkatkan produktifitas cairan vagina yang disebut lokore. Cairan ini berwarna putih encer dan tidak berbau.

Selain itu keputihan ini juga bisa terjadi karena jamur berkembang biak lebih cepat di alat kelamin wanita pada saat hamil. Namun, keputihan ini juga bisa disertai dengan sedikit perdarahan (flek / lendir transparan dan pink) loh. Pendarahan ini akibat tertanamnya sel telur yang terbuahi di dinding rahim.

Pada proses tertanamnya sel telur di dinding rahim ini, Bunda biasanya belum merasakan terjadinya banyak perubahan. Tetapi, embrio akan bekerja keras minggu ini, membuat plasenta, tangkai penghubung (yang akan berkembang menjadi tali pusat), dan dasar dari tubuhnya.

Untuk menghindari keputihan berlebih, ini dia tips buat Bunda terkait keputihan di minggu ke-4 seperti yang dilansir dalam situs bidanku.com.

• Jagalah kebersihan dan kelembaban di sekitar vagina.
• Jangan memakai pakaian dalam terlalu ketat.
• Gantilah celana dalam sesering mungkin, terutama ketika celana dalam sudah terasa lembab/basah.
• Gunakan selalu celana dalam yang kering dan bersih
• Gunakan bahan celana dalam yang terbuat dari bahan katun atau yang paling mudah menyerap keringat.

So, dijaga kebersihannya ya Bun.

Oleh: Orista V Anggraningtyas

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading