Sukses

Parenting

Usia Empat Minggu, Sudah Bisa Terdeteksi Belum?

Hai Ladies. Ini adalah minggu keempat kehamilan Anda. Sebelum mengetahui lebih lanjut, Anda sebaiknya mengingat bahwa kehamilan mungkin tidak terdeteksi hingga minggu keempat, dan bahwa minggu pertama hinggaminggu keempat kehamilan berhubungan dengan masa persiapan ovulasi dan fertilisasi.

Pada minggu ketiga, Anda mengalami ovulasi yang merupakan masa dimana sel telur siap untuk dibuahi. Sel telur itu dilepaskan oleh folikel di ovarium menuju tuba Fallopi. Ketika ovulasi, biasanya suhu Anda meningkat dtastis di pagi hari tepat setelah bangun tidur.

Pada minggu ini, ovarium mulai membentuk lapisan-lapisan darah dan nutrisi karena sel telur Anda telah menetap di dindingnya. Bila Anda sudah melakukan "if-you-know-what-I-mean", maka besar kemungkinan sel telur Anda akan bertemu dengan sperma, dan kehamilan akan terjadi.

Bila sel telur bertemu dengan sperma, maka proses fertilisasi akan dimulai. Setelah itu, sel telur Anda akan terbagi menjadi dua. Sebagian akan menjadi embrio, dan sebagian akan menjadi plasenta, sumber makanan.

Nah, implantasi embrio dan plasenta ini akan mengirimkan sinyal positif, sehingga tubuh Anda memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini membuat testpack Anda menunjukkan garis kehamilan, dan hidup Anda jungkir balik.

Untuk kehamilan minggu keempat ini bisa dibilang bahwa ovum mungkin sudah dibuahi oleh sperma. Kemudian, dinding uterus mulai menebal karena ovum menempel disana.

Oh iya, kehamilan minggu keempat ini dimulai dengan hari pertama Anda telah menstruasi dan Anda akan menemukan sepercik darah di celana dalam Anda yang disebut dengan implantation bleeding.

Selamat, Ladies!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading