Sukses

Parenting

Berapa Banyak Nutrisi Yang Dibutuhkan Bayi?

Bayi harus mendapatkan jumlah asupan nutrisi yang cukup. Pasalnya, kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan bayi, kurangnya berat badan, dan terhambatnya perkembangan fisik dan kognitif bayi. Oleh karena itu, pastikan bahwa buah hati Ladies mendapatkan jumlah nutrisi yang cukup, ya.

Apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi? Seperti yang dikutip dari healthyeating.sfgate.com, nutrisi yang penting untuk tumbuh dan kembang bayi adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pada dasarnya, kebutuhan nutrisi bayi tersebut sudah bisa Ladies cukupi dengan memberikan ASI eksklusif (kecuali vitamin D dan zat besi yang jumlahnya rendah dalam ASI).

The Institute of Medicie merekomendasikan bahwa bayi yang berusia 6 bulan ke bawah mengkonsumsi sekurang-kurangnya 60 gram karbohidrat, 9.1 gram protein, 31 gram lemak, dan 500 miligram omega 3 per hari. Sedangkan untuk bayi berusia 7 hingga 12 bulan, jumlah nutrisi yang direkomendasikan adalah 95 gram karbohidrat, 11 gram protein, 30 gram lemak, dan 500 miligram omega 3 per hari.

Seperti telah disebutkan di atas, kebutuhan nutrisi bayi dapat dicukupi melalui pemberian ASI eksklusif untuk bayi yang berusia 6 bulan ke bawah. Setelah itu, pemberian makanan pendamping seperti sereal untuk bayi berusia 6 bulan ke atas dapat dilakukan karena ASI tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading